Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
pekanbaru riau

Digadang Maju Calon Walikota Pekanbaru, Ini Sederet Prestasi Muflihun

pukul


 


Hariangaruda.com | Pekanbaru - Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pekanbaru baru akan diselenggarakan setelah Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024 (Pilpres) dan Pemilihan umum legislatif Indonesia 2024 (Pileg), bersamaan dengan seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Beberapa nama kini bermunculan menyambut pesta demokrasi Kota Pekanbaru tersebut. Salah satu diantaranya Muflihun, S.STP., M.AP., yang kini menjabat sebagai Pj. Wali Kota Pekanbaru. Selain itu, ada nama Destrayani Bibra, Ayat Cahyadi, Ade Hartati, Ida Yulida, dan sederet nama yang digadang-gadang bakal ikut meramaikan Pilkada Kota Pekanbaru.

Namun, dari sekian banyak nama yang muncul, Muflihun dinilai sedikit diuntungkan. Sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, ia sudah menunjukkan prestasi yang gemilang. Banyak capaian kinerja yang sudah dilakukannya.

Seperti yang disampaikan Muflihun kepada media ini, salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintahan Kota Pekanbaru dalam pengendalian inflasi. Ada 4 Strategi yang dilakukan Muflihun dalam mengatasi inflasi di Kota Pekanbaru.

"Pertama, keterjangkauan harga. Dimana dalam pelaksanaan kegiatan operasi pasar/Gerakan Pangan Murah setiap minggu sebanyak 16 kali yang tersebar di beberapa Kecamatan. Kedua, ketersediaan Pasokan Pemantauan stok bahan pokok di 7 Pasar Rakyat setiap hari. Pemantauan stok beras dilakukan setiap minggu. Melaksanakan Gerakan Menanam benih bawang merah ke petani. Ketiga, Kelancaran Distribusi. Menyelesaikan Revitalisasi Pasar Palapa dan Pembangunan Pasar Induk. Dan Keempat, Komunikasi Efektif," ungkap Muflihun.

Tak hanya itu, terkait penurunan angka stunting juga telah diupayakan Pemko Pekanbaru. Ini terlihat dari hasil Audit kasus stunting pada bulan September dan Oktober dengan total 50 sasaran Operasional pencatatan/paket data TPK dengan total 981 sasaran Pelatihan untuk tumbuh kembang kepada 750 orang dari 15 kecamatan.

"Pada bulan September lalu juga telah dilakukan sebanyak 15 kali pelatihan dengan sasaran 225 orang. Kemudian pada Bulan Oktober dilakukan sebanyak 10 kali dengan sasaran 225 orang. Dan bulan November dilakukan sebanyak 10 kali dengan sasaran 225 orang," ucapnya.

Kemudian soal mengatasi BUMD tidak sehat. Pemko Pekanbaru juga telah melakukan upaya memaksimalkan proyek SPAM KPBU dan SPAM Regional Pekan-Kampar.

"Ada beberapa hal yang kita lakukan Penyusunan Business Plan Periode 2024 - 2028 termasuk penyusunan NRW dan penambahan SR Keringanan pajak daerah dari Pemerintah Kota Pekanbaru. Kemudian melakukan Penyesuaian Tarif Air Minum. Terus, mensosialisasikan kepada Niaga dan Komersil untuk menjadi pelanggan Perumdam (1 kali sebulan pada 4 kecamatan). Lantas, membentuk tim assessment khususnya mengenai jaringan distribusi untuk menurunkan illegal connecting. Dan menurunkan illegal connecting dengan melibatkan instansi terkait," terangnya.

Keberhasilan lain yang ditunjukkan Muflihun dalah upaya dalam perbaikan dan peningkatan layanan publik. Mulai dari kecepatan, kemudahan, transparansi, kualitas, dan digitalisasi layanan.

Begitu juga dalam hal mengatasi pengangguran. Pemko Pekanbaru sudah memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi untuk 15 kelompok (368 peserta). Kemudian melakukan pembinaan terhadap 8 Lembaga Pelatihan Kerja Swasta. Dan melakukan pengukuran kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

Dengan sederet prestasi ini, sepertinya jalan yang akan ditempuh Muflihun menuju kursi Pekanbaru akan lempang. Dia sudah memiliki investasi sosial. Namun, semua kembali kepada masyarakat yang tentunya punya hak penuh untuk menentukan siapa yang layak memimpin Kota Pekanbaru ini lima tahun kedepan.

Profil Muflihun

Muflihun adalah seorang profesional dalam bidang pemerintahan dan administrasi publik. Dia memiliki gelar Magister Administrasi Publik dari Universitas Wijaya Putra dan Sarjana dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri STPDN. Muflihun juga memiliki latar belakang pendidikan dari SLTA Negeri 1 Pekanbaru.

Dalam karirnya, Muflihun telah menjabat dalam berbagai posisi penting. Dia saat ini menjabat sebagai Penjabat Walikota Pekanbaru, setelah sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Riau dan Plt. Sekretaris DPRD Provinsi Riau. Sebelumnya, dia juga telah menjabat sebagai Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum di Sekretariat DPRD Provinsi Riau serta beberapa posisi penting lainnya seperti Camat Sukajadi, Camat Sail, Sekretaris Camat Senapelan, Kepala Subbagian Otonomi Daerah, Kepala Subbagian Kelembagaan, dan Camat Kuantan Mudik.

Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki, Muflihun telah menunjukkan dedikasinya dalam pelayanan publik dan peningkatan pemerintahan di daerahnya. Dengan posisi yang saat ini dia pegang, Muflihun diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan dan kemajuan Pekanbaru serta wilayah Riau secara keseluruhan.