Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan

Kecamatan Surplus, Bupati Suhardiman Targetkan Kuansing Jadi Lumbung Berasnya Riau

pukul


 


Mediasindonews.com I Teluk Kuantan - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby menjelaskan, dengan hamparan sawah seluas 6.619 hektar dan jumlah penduduk yang mencapai 356.246 jiwa, produksi beras di Kuansing belum menjadikan daerah ini sebagai swasembada beras. 


Apalagi banyak produksi petani dijual ke daerah lain. Olehnya, untuk mendukung ketahanan pangan lokal khususnya padi, Pemkab Kuansing mencadangkan 400 hektar.


Suhardiman Amby juga mengatakan cadangan lahan tersebut untuk mengantisipasi banyaknya petani melakukan alih fungsi lahannya dari tanaman pangan menjadi perkebunan sawit. 


"Akibat alih fungsi lahan pangan menjadi perkebunan sawit, produksi tanaman pangan berkurang. Sebab itu kami perlu upaya antisipasi," ujar Bupati Suhardiman Amby beberapa waktu lalu.


"Per hektarnya menghasilkan 7 ton gabah sekali panen atau sama dengan 4 ton beras. Dengan jumlah penduduk Kuansing sebanyak itu, kita belum bisa mencapai swasembada beras," ujarnya lagi. 


Namun harapan Kuansing untuk mencapai swasembada beras bukanlah tidak mungkin. Terlebih sebagian petani telah menerapkan tiga kali tanam.


"Sebagian kecamatan seperti Gunung Toar, Hulu Kuantan, Benai, Kuantan Hilir Seberang, dan Kecamatan Kuantan Mudik sudah surplus beras," ujarnya.


Untuk itu, Suhardiman Amby pun mendorong kemandirian ketahanan pangan lokal dengan berbagai program. 


Ia mengatakan, Pemkab Kuansing akan terus melanjutkan program bantuan pupuk hingga alat pertanian. 


"Kita akan usahakan bantuan untuk petani, baik dari provinsi hingga pemerintah pusat," ujar Suhardiman Amby.


Ia juga mengimbau para petani untuk menerapkan sistem mina padi di mana petani dapat melakukan budidaya ikan di sawah garapan. 


Keuntungan dari mina padi ini, menurut Suhardiman dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 


"Begitu padi selesai ditanam, petani bisa menyebarkan benih ikan. Petani dapat memanen ikannya seusai memanen padi," ujar Suhardiman Amby.


Suhardiman Amby pun berani memasang target, jika seluruh program pertanian ini berjalan baik. Kabupaten Kuansing dalam dua tahun ke depan bisa menjadi lumbungnya beras untuk Provinsi Riau.


''Kita yakin itu, jika program ini berjalan baik. Insyallah, dua tahun lagi Kuansing akan jadi lumbung berasnya Provinsi Riau,'' pungkas Suhardiman Amby.