Home Dumai Riau Nasional Politik Gosip Kriminal Musik Teknologi Edukasi Kesehatan Olahraga Kuliner Wisata Iklan
riau

PDI Perjuangan Usung Abdul Wahid-SF Hariyanto di Pilkada Riau 2024

pukul


 


Hariangaruda.com I Riau - PDI Perjuangan memberikan sinyal keras akan mengusung duet Abdul Wahid-SF Hariyanto di Pilkada Riau 2024. Abdul Wahid-SF Hariyanto kompak hadir di acara Konsolidasi Persiapan Pilkada Serentak 2024 yang dihadiri Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Pekanbaru, Minggu (4/8/2024) pagi tadi.


Abdul Wahid dan SF Hariyanto hadir mengenakan baju nuansa merah. Senyum merekah dari wajah SF Hariyanto saat namanya disebut oleh Hasto Kristiyanto. Pun demikian dengan Abdul Wahid yang terlihat enerjik dan bersemangat sepanjang acara.


"Tak perlu lagi diulang tadi ya. Sudah disebutkan siapa orangnya (Pilkada Riau)," kata Hasto Kristiyanto saat memberikan pidato.


Meski demikian, pengumuman dan penetapan Abdul Wahid-SF Hariyanto masih akan menunggu keputusan akhir dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.


"Nanti akan diumumkan. Sedang diproses," kata Hasto yang hadir didampingi oleh Ketua Bidang Pemenenangan Pilkada DPP PDI Perjuangan, Dedi Hanteru Sitorus.


Hasto bahkan menyebut bukan tak mungkin SF Hariyanto akan menjadi kader PDI Perjuangan. Sepanjang yang bersangkutan menerima dan bersedia melakukan prinsip-prinsip dan idelogi partai.


"Bagaimana yang bersangkutan mau menghutankan kembali Riau. Jangan monokultur seperti saat ini," tegas Hasto.


Kabar PDI Perjuangan akan mengusung Abdul Wahid-SF Hariyanto di Pilkada Riau 2024 sudah tersiar sejak pekan lalu, sebagaimana diwartakan SabangMerauke News, pada Rabu (31/7/2024).


PDI Perjuangan dikabarkan telah berhasil membentuk poros koalisi baru mengusung satu pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur di Pilkada Riau 2024. Poros koalisi ini dipastikan akan membuat pertarungan Pilkada Riau 2024 diikuti oleh 3 pasangan calon (Paslon).


Informasi yang dihimpun SabangMerauke News, PDI Perjuangan tidak akan bergabung ke dalam salah satu dari dua koalisi yang sudah terbangun lebih dulu. Yakni koalisi parpol pengusung duet Nasir-Wardan dan Syamsuar-Mawardi.


"PDI Perjuangan bersama parpol lain mengusung paslon sendiri. Hal ini menyangkut marwah PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pileg di Provinsi Riau," kata sumber SabangMerauke News yang dekat dengan lingkaran DPP PDI Perjuangan, Rabu (31/7/2024).


Sumber tersebut enggan membeberkan pasangan calon yang akan diusung PDI Perjuangan. Namun ia menyebut, duet yang akan diusung sudah tersiar di pemberitaan media massa.


"Nanti, tunggu saja kejutannya. Pada saatnya nanti PDI Perjuangan bersama partai yang diajak bekerja sama akan segera mengumumkan pada momentum yang tepat," kata sumber tersebut.


PDI Perjuangan meraih kemenangan besar dalam Pileg DPRD Provinsi Riau 2024. Partai berlogo Banteng Moncong Putih ini berhasil merebut 11 kursi di DPRD Provinsi periode 2024-2029, menumbangkan kedigdayaan Partai Golkar yang kini harus puas berada di rangking kedua dengan perolehan 10 kursi di DPRD Riau. Jatah Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2024 menjadi milik PDI Perjuangan.


Sejauh ini, ada tiga partai politik di Riau yang belum mengumumkan dukungannya terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024. Selain PDI Perjuangan, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem yang masing-masing memiliki 6 kursi di DPRD Provinsi Riau. Total kekuatan tiga parpol ini memiliki 23 kursi di DPRD Provinsi Riau.


Dikabarkan, pengurus teras DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau telah dipanggil menghadap DPP PDI Perjuangan di Jakarta. Pemanggilan ini diduga kuat berkaitan dengan pencalonan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024.


Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Suyatno tidak bisa berkomentar banyak soal kabar koalisi yang sudah dibangun partainya untuk tarung di Pilgub Riau 2024.


"Mohon maaf, bukan ranah saya," kata Suyatno dihubungi, Rabu sore ini.


Namun, Suyatno membenarkan adanya pemanggilan terhadap pimpinan DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau oleh "Jakarta". Menurutnya, DPP PDI Perjuangan memanggil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau Zukri, Sekretaris Kaderismanto dan Bendahara Solihin.


"Saya gak tahu apa isi pembicaraan di Jakarta. Mungkin yang tahu Ketua Zukri, karena KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD) yang dipanggil" kata Suyatno.


Tiga Paslon Bertarung


Skenario tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Riau 2024 makin mengkristal. Poros politik telah mengarah pada pembentukan tiga koalisi partai politik (parpol) pengusung yang akan bertarung pada Pilkada 7 November 2024 mendatang.